SMA  Pembangunan Laboratorium UNP Padang terletak didalam kompleks UNP Air Tawar Padang Kelurahan Ujung Karang Kecamatan Padang Utara. Tanah dan bangunan SMA Pembangunan adalah milik UNP Padang. Tanah satu kompleks dengan SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan luas 3000 m2.

Sekolah adalah merupakan suatu lembaga dimana berlangsungnya usaha sadar dari manusia dewasa dalam membentuk pertumbuhan sikap, mental, intelektual dan keterampilan peserta didik agar dapat menjadi manusia yang bertaqwa dan berguna bagi masyarakat, nusa dan bangsa. . Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut :
1.     Perkembangan ilmu pengetahuan dalam Era Imformasi
2.     Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat
3.     Tuntutan peningkatan mutu pendidikan nasional
4.     Pendidikan yang bermutu memerlukan pendidik, khususnya guru, dan tenaga kependidikan yang kompeten, profesional dan sejahtera.
5.     Profesi guru yang terpuruk merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan nasional
Agar semua potensi yang ada di sekolah dapat dikelola dengan efektif dan efisien guna menjawab persoalan dan tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah untuk  mencapai tujuan pendidikan nasional. Dalam menghadapi tantangan maka perlu disusun program kerja yang sistematis dan terencana oleh semua komponen yang terlibat di dalamnya, termasuk wakil kepala sekolah.

1.     Dasar Hukum
1.     Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sisdiknas.
2.     Permen  No. 22 tahun 2006  tentang Standar  Isi
3.     Permen  No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
4.     Permen  No. 24 tahun 2006 tentang Standar Pelaksanaan
5.     Permen  No. 4 tahun 2008 tentang Kelender Pendidkan
6.     Permen  No. 24 tahun 2008 tahun  tentang Standar Administrasi sekolah
7.     PP Nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Atas.
8.     Surat Keputusan Derektur Sekolah Pembangunan Laboratorium UNP tentang Penunjukan guru sebagai wakil kepala sekolah.
SMA  Pembangunan Laboratorium UNP Padang terletak didalam kompleks UNP Air Tawar Padang Kelurahan Ujung Karang Kecamatan Padang Utara. Tanah dan bangunan SMA Pembangunan adalah milik UNP Padang. Tanah satu kompleks dengan SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan luas 3000 m2.

Pimpinan sekolah yang pernah bertugas di SMA Pembangunan  UNP  sejak awal berdirinya (1989)    adalah:

 NAMA

 PERIODE TUGAS


1. Drs. H. Azhar

Tahun 1990 s/d 1998
2. Drs. Syafril Laharis

Tahun 1998 s/d 2004
3. Drs. Almasri, M.Pd.

4. Drs. Yofrizal, M.Pd.
Tahun 2004 s/d 2017

Tahun 2017 s/d sekarang


Jumlah peserta didik  pada tahun pelajaran 2006/2007 seluruhnya berjumlah  431 orang. Persebaran jumlah peserta didik antar kelas merata. Peserta didik di kelas X ada sebanyak 4 rombongan belajar. Peserta didik pada program IPA  di kelas XI satu rombongan belajar di kelas XII hanya dua  rombongan belajar. Sedangkan pada program IPS di Kelas XI dua rombongan belajar dan Kelas XII tiga rombongan belajar.

Wilayah Kecamatan Padang Utara lokasi SMA Pembangunan UNP berada merupakan wilayah yang banyak terdapat Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta, disamping itu wilayah sekitarnya seperti  Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Nanggalo merupakan daerah pemukiman yang padat penduduknya,  semuanya itu sudah barang tentu sangat mempengaruhi pola kehidupan masyarakat sekitar pada umumnya.