Visi dan Misi
A. Visi
“Bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas, berwawasan lingkungan, dan berbudaya Minangkabau“
B. Misi
1. Mewujudkan peningkatan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama dan nilai–nilai karakter-cerdas dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif dan efektif dalam dinamika BMB3 (Berfikir, Merasa, Bersikap, Bertindak dan Bertanggung jawab) untuk pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
3. Meningkatkan prestasi dengan penilaian yang objektif-otentik untuk mampu berkompetisi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan kelengkapan belajar tambahan berupa pengajaran remedial dan pengayaan.
4. Mewujudkan lulusan dengan nilai dan semangat triguna yaitu maknaguna, dayaguna dan karyaguna dalam ranah akademik dan kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan kehidupan.
5. Membudayakan gemar membaca bagi warga sekolah.
6. Meningkatkan semangat pengabdian,cinta, peduli, bersih, rapi, dan aman di lingkungan sekolah dan sekitar yang bebas dari polusi.
7. Mewujudkan sekolah sebagai pusat sumber belajar dan budaya berorientasi lingkungan yang nyaman dan dinamis.
8. Meningkatkan budaya 9 K (Keindahan, Kedisiplinan, Ketertiban, Keamanan, Kerapian, Kebersihan, Kerindangan, Kenyamanan, dan Keramahan) warga sekolah.
9. Pelestarian lingkungan hidup
10. Mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan
11. Mengintegrasikan nilai-nilai budaya alam Minangkabau dengan materi pembelajaran.
C. Tujuan
Tujuan
satuan pendidikan SMA Pembangunan Laboratorium UNP secara khusus lebih dirinci
sebagai berikut :
1.
Terpenuhinya
proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermutu diintegrasikan dengan Budaya
Alam Minangkabau.
2.
Meningkatnya
nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 30% dari tahun sebelumnya
3.
Meningkatnya
jumlah peserta didik untuk melanjutkan ke PTN melalui jalur SNMPTN , SPAN
PTKIN, Undangan/prestasi, dan SBMPTN sebesar
80%.
4.
Terwujudnya
manajemen berbasis sekolah yang ditandai dengan prinsip transparansi,
akuntabilitas, dan partisipatif.
5.
Meningkatnya
kualitas kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat peserta
didik.
6.
Terwujudnya
tenaga guru profesional yang mampu
menguasai dan mengintegrasi iptek dalam pelaksanaan proses pembelajaran,
7.
Terwujudnya
sistem layanan bimbingan dan konseling mampu memenuhi kebutuhan peserta didik
dengan didukung tenaga bimbingan dan konselor yang profesional.
8.
Terlaksananya
kerjasama dan suasana kekeluargaan di sekolah yang kondusif dengan ditandai
kedisiplinan, etos kerja yang tinggi seluruh warga sekolah, peka terhadap
lingkungan, dan dijiwai dengan sernangat keberagamaan.
9.
Terciptanya
kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan yang asri, sehat, dan
nyaman dengan memperoleh sekolah adiwiyata tingkat Kota, Provinsi, Nasional,
dan Mandiri.
10.
Terwujudnya
kepedulian terhadap sampah dan menjadikan daur ulang bernilai jual.
11.
Tercapainya
pembelajaran berbasis lingkungan hidup.
12.
Terwujudnya
pribadi yang mampu menginternalisasi nilai manusiawi maupun religius.
13.
Memiliki intelektual dan keterampilan memadai
untuk mampu dan siap menghadapi era globalisasi yang penuh persaingan.
14.
Terwujudnya
pribadi yang utuh, mandiri, bertanggung jawab, sehingga mampu membangun
masyarakat.
15.
Terlaksananya
school-based menajemen dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisien
sehingga menghasilkan out put yang berkualitas.
Tidak ada komentar