Web Blog

Rumah Zakat Gencarkan Edukasi Bencana di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang



Upaya pengurangan risiko bencana terus dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab untuk melindungi hak warga negara tidak terkecuali pada satuan pendidikan.

Salah satu dari satuan pendidikan yang berada pada daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami di Sumatera Barat yakni SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang yang saat ini mendapat kesempatan untuk pembentukan SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) oleh Rumah Zakat.

Warga sekolah yang mencapai lebih 700-an orang dan berasal dari wilayah kecamatan Padang Utara merupakan sekolah dibawah naungan Universitas Negeri Padang yang memiliki tingkat risiko tinggi terdampak ancaman bencana tersebut.

Sebagai dasar penyelenggaraan Penanggulangan Bencana (PB) di satuan pendidikan maka Rumah Zakat memulainya dengan penyusunan dokumen PB dengan metode partisipatif melibatkan seluruh unsur warga sekolah.

Sejumlah 40 orang terlibat dalam penyusunan dokumen tersebut sehingga menghasilkan kesepakatan berupa dokumen Kajian Risiko Bencana, Rencana Aksi Sekolah Struktural dan Non Struktural, Prosedur Tetap Penyelamatan serta Tim Siaga Bencana Sekolah termasuk didalamnya disepakati denah risiko bencana, jalur dan tempat evakuasi.

Tidak hanya menyusun dokumen PB saja, Rumah Zakat melatih peserta tentang penyelamatan dalam ruangan dan pertolongan pertama gawat darurat.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Rumah Zakat dan para donatur yang telah memfasilitasi kegiatan ini dengan sangat baik dan bermanfaat sekali untuk memastikan kesiapan seluruh warga sekolah dalam menghadapi bencana” ungkap Kepala Sekolah.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 7 sampai 8 Agustus 2023 mendapatkan respon positif dari pihak sekolah. Dan harapan kedepannya Rumah Zakat dapat memberikan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana ke sekolah-sekolah tidak hanya di Kota Padang, namun juga di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat bahkan Indonesia.




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.