Web Blog

Launching LinkAksa Literasi Berbasis Digital

 



Literasi sangat populer saat ini terutama pada kalangan pelajar termasuk pada tingkat SMA, literasi juga menjadi salah satu parameter penilaian terhadap siswa dan sistem pembelajaran yang ada di sekolah, hal ini sangat perlu di tingkatkan kegiatan yang namanya literasi terutama untuk menjawab tantangan informasi secara global yang mana mendapatkan informasi secara akurat sangatlah di perlukan dan tidak menerima informasi secara mentah-mentah tentunya untuk memahami itu di perlukan tingkatan literasi yang baik.

Literasi yang baik di perlukan pembiasaan dari masing-masing siswa untuk dapat mencernah informasi secara menyeluruh dan dapat di pahami sehingga menjadikan kecakapan khusus bagi siswa dan bermanfaat sebagai filter dari informasi yang banyak beredar.

Dilihat dari kacamata arti literasi menurut KBBI adalah kemampuan menulis dan membaca, secara etimologis isthilah literasi itu sendiri berasal dari bahasa latin "literatus" artinya adalah orang yang belajar, sehingga dapat di simpulkan literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis terutama pada kalangan siswa.

SMA Pembangunan Laboratorium UNP untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa,  memberikan beberapa program yang memungkinkan siswa untuk lebih giat membaca antaralain 1. Memmberikan layanan pustaka secara maksimal dan keyamanan pustaka dalam segi kebersihan serta tata letak siswa membaca dan menulis, 2. adanya pojok literasi di setiap kelas, 3. adanya program membaca dan menulis 15 menit di awal PBM.

Selain itu untuk mendukung kegiatan literasi SMA Pembangunan Laboratorium UNP juga membuat aplikasi berbasis digital yang di namakan "LingAksa" dimana aplikasi ini di buat dan dijalankan oleh tim literasi SMA Pembangunan Laboratorium UNP, program ini di bimbing langsung Pengawas Binaan SMA Pembangunan Laboratorium UNP Ibu Refnita, M.Pd dan di dukung oleh Kepala Sekolah Bapak Afrizal, S.Si, M.Pd serta seluruh jajaran dewan guru beserta staf kepegawaian.

Harapan dengan adanya literasi secara di gital ini mampu memberikan kemajuan dan pemahaman bagi siswa begitu juga untuk memanfaatkan teknologi agar bisa di gunakan kearah yang lebih baik.   

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.